Name. Nom. Nombre. Na. Naam

“What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet”

-William Shakespeare in Romeo & Juliet

For William Shakespeare, a name doesn’t mean much.. You can still smell a rose and appreciate its beauty even if you called that rose by any other name. What matters is what something is, not what it is called.

Well for me, a name does mean much..

Renayanti Ananta = Kebahagiaan Tanpa Batas

Sounds cool, isn’t it?

Oke. Jadi begini awal mula dari nama saya.

Saya punya seorang kakak laki-laki bernama Rinandi Pramudita, yang sampai sekarang saya masih ngga tau arti dari nama dia. Nah, berhubung saya anak kedua dan ayah saya mau sok kreatif dengan memberi nama anaknya dari huruf “R” (dengan pertimbangan kalo diabsen ngga duluan tapi ngga terlalu belakangan) maka jadilah nama saya Renayanti Ananta.

Rena:

  • (Hebrew) Joyous Song
  • (Greek) Peace
  • (Indonesia) Rona, warna

Ananta

  • (Sansekerta) Tanpa batas
  • (Jawa) Pemimpin yang Jeli
  • (Hindi) Tak terbatas

Dan berhubung nama orang tua saya adalah Yanuar dan Tuty, maka jadinya Renayanti Ananta (Kebahagiaan Yanuar dan Tuty tak terbatas).

Kata pepatah “nama adalah doa orang tua”. Semua orang tua di dunia ini pasti menginginkan nama yang terbaik buat anaknya, ayah saya salah satunya. Ayah saya mungkin berharap kelak saya bisa menjadi kebahagiaan yang tak terbatas untuk orang tua saya.

Bahkan ada teman saya yang nyaris diberi nama Kameruniwati karena saat ibunya mau melahirkan, Kamerun sedang bertanding dalam laga Piala Dunia. Mungkin saat itu, ibunya berharap Kamerun memenangkan laga Piala Dunia tersebut. Mungkin. Atau mungkin suatu saat ibunya berharap anaknya bisa menjadi seorang pemain bola kelas dunia. Mungkin. Atau bisa saja sang ibu punya mantan pacar orang Kamerun. Sekali lagi, mungkin.

Well, ngga jarang sih saya dikatain karena nama saya. Tapi saya pribadi bangga dan bersyukur atas nama yang diberikan orang tua saya. Bersyukur karena memiliki filosofi yang cukup dalam dan bersyukur karena absen saya belakangan. Sungguh, saya benar-benar bersyukur karena hal yang kedua.

Just be happy with your name guys, whatever it is! 🙂

Cheers!

About renaananta

Human
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Name. Nom. Nombre. Na. Naam

  1. adinda says:

    KAMERUNIWATI emang paling janang deh bro! Membekas di hati

Leave a Reply

